mfajri.net

Blog Urang Banua Barrau

Hati-hati!! Stasiun Antariksa China Berpeluang Jatuh di Indonesia

stasiun antariksa china

Sebuah kabar mengejutkan datang dari dunia antariksa internaional, yang menyebutkan jika stasiun antariksa pertama China akan jatuh menerjang bumi. Yang lebih mengejutkan adalah serpihan atau pecahan dari stasiun antariksa pertama China tersebut berpeluang menimpa wilayah Indonesia.

Hal ini tentunya sangat berbahaya, pasalnya objek pecahan dari Tiangong-1 ini bisa mencapai berat sekitar 8,5 ton.

Meskipun menurut Thomas Djamaludin objek seberat 8,5 ton tersebut sebagian besar akan terbakar di atmosfer namun ada bahaya yang disisakan darinya. Salah satunya adalah potensi bahaya racun dari sisa bahan bakar roket Hydrazine tersebut. Namun demikian, hingga kini masih belum diketahui secara pasti kapan dan di mana objek tersebut akan jatuh, namun hingga kini berbagai pihak terus melakukan pemantauan pada objek tersebut.

Stasiun antariksa pertama milik China ini diketahui mengalami kerusakan dan tidak dapat dikontrol lagi semenjak 16 Maret 2018 yang lalu. Atau insiden kerusakan tersebut, satelit tersebut pun akhirnya mengalami re-entry atau kembali masuk ke dalam atmosfer bumi. Di mana, kejatuhan dari objek raksasa tersebut tentu cukup membahayakan jika sampai ke permukaan bumi dalam keadaan utuh.

LAPAN sebagai badan yang mengawasi benda-benda antariksa di Indonesia sendiri terus memantau mengenai benda-benda yang jatuh dari luar angkasa. Untuk itulah, Anda tidak perlu khawatir mengenai kabar yang banyak tersebar ini. LAPAN sendiri sudah cukup sering mengidentifikasi atau mengetahui jatuhnya benda luar angkasa. Sepeti pada tahun 2017 yang lalu di mana LAPAN berhasil mengidentifikasi benda langit yang jatuh di Agam.

Untuk diketahui, Tiangfong-1 yang merupakan stasiun antariksa pertama milik China ini pertama kali diluncurkan pada 29 September 2011 dengan mengorbit pada ketinggian sekitar 350 kilometer. Setelah beberapa tahun mengorbit dan bahkan sempat ditinggali astronot China pada 2012-2013 lalu, akhirnya Tiangfong-1 pun rusak.

Diperkirakan wahana antariksa ini akan jatuh ke bumi sekitar bulan April 2018 ini, ditempat yang masih belum diketahui hingga saat ini.

Bagi Artikel Ini Ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments

mfajri.net sejak 2008