mfajri.net

Blog Urang Banua Barrau

NIK dan Nomor Kartu Keluarga Kamu Disalahgunakan? Ini Cara Mengeceknya

Belakangan setelah keharusan registrasi Kartu Telpon atau Simcard menuai pro kontra dimana kita diharuskan untuk mendaftarkan menggunakan Nomor Induk Kependudukan atau NIK dan nomor KK, muncul lagi kehebohan bahwa NIK dan KK yang kita daftarkan bisa bocor ke khalayak atau bahkan dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah, untuk menghilangkan kekhawatiran ini, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika bersama dengan operator telekomunikasi bersepakat untuk menyediakan layanan fitur Cek Nomor dalam sistem registrasi kartu prabayar.

Dengan fitur Cek Nomor ini, diharapkan masyarakat dengan mudah dapat mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang digunakannya terdaftar di berapa nomor.

cek daftar nomor simcard

Contoh saat saya coba cek nomor indosat saya yang saya daftarkan. Tampil 3 nomor indosat sama persis dengan yang telah saya daftarkan.

“Dengan adanya layanan ini, jika saat pengecekan ditemukan nomor yang tidak dikenal terdaftar dengan data NIK dan KK miliknya, masyarakat dapat langsung datang ke gerai untuk melakukan UNREG,” jelas Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli seperti yang diberitakan Kompas.Com beberapa waktu lalu.

Kawan-kawan dapat langsung mengeceknya di masing-masing layanan operator yang digunakan. Berikut link website, USSD, dan SMS untuk fitur Cek Nomor yang disediakan oleh masing-masing operator:

Telkomsel: via website: https://telkomsel.com/cek-prepaid

Indosat: via SMS dengan format: INFO#NIK kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN kirim ke 4444, atau via website: https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index

Xl Axiata: via USSD dengan format: *123*4444#

Apabila ada nomor yang tidak kawan-kawan kenal, namun juga terdaftar menggunakan NIK dan nomor KK kawan-kawan, segera laporkan ke pihak operator terkat atau langsung saja ke gerai masing-masing operator.

Kalau telkomsel ada di Jalan Niaga dekat pelabuhan, Indosat di Jalan H. Isa 2, sementara XL dimana ya, ada yang tau? Mohon share ya kawan-kawan..

Baca Juga;

Bagi Artikel Ini Ke:
  • 16
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    16
    Shares

Comments

comments

mfajri.net sejak 2008