mfajri.net

Blog Urang Banua Barrau

Tips Banyak Grup Whatsapp Jadi Ringan dan Tanpa Heng

WhatsApp bisa jadi merupakan aplikasi chat paling populer di kawan-kawan. Banyak yang menyukainya karena tampilan yang sederhana, serta kecepatan pengiriman pesan berupa teks, gambar, dan video. WhatsApp juga tidak boros baterai, hemat RAM, dan yang paling penting hampir semua kawan punya dan menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chat utamanya

Namun demikian banyak juga kawan-kawan kalau diundang atau bergabung dengan banyak grup, kemudian keluar satu-satu dengan alasan hape heng atau jadi lambat. Padahal hal seperti ini bisa diatasi dengan trik sederhana ini.

Yuk simak, trik sederhana ini;

Untuk mengatasi hape jadi heng atau lambat, langkah pertama sebenarnya bisa diakali dengan cara menonaktifkan download atau buka file/dokumen yang dikirim teman secara otomatis. langkah-langkahnya sebagai berikut;

Buka setelan dengan mengklik titik tiga sebelah kanan atas, dengan tampilan seperti di atas. Klik ‘Penggunaan data dan penyimpanan’. Kemudian akan tampil pilihan berikutnya. Klik dibagian ‘Unduh otomatis media’. Nah kuncinya ada di sini. Klik lagi di bagian ‘Saat menggunakan data seluler’, nah hilangkan semua centang yang ada, baik di kotak Photo, Audio, Video, maupun Dokumen. Hilangkan juga centang di pilihan ‘Saat tersambung ke Wi-Fi’. Jadi semua photo, video, ataupun dokumen yang dikirim oleh member lain tidak otomatis terdownload atau tersimpan di hape kita.

gambar setting whatsapp ringan

Bayangkan kalau ada member yang kirim video sebesar 15mb, beberapa kali setiap hari. Dalam seminggu aja bisa memory kita habis 1 giga, itu kalau satu orang yang kirim loh. Tapi jangan khawatir, pesan tersebut tetap masuk dan terlihat di grup qta hanya saja tidak terdownload atau tersimpan otomatis di hape kita, kalau pun kemudian tertarik atau ingin membukanya atau melihatnya, tinggal klik tombol buka atau play yang ada di kiriman tersebut, tampaknya seperti ini;

gambar tips whasapp

Langkah kedua adalah dengan menghapus history atau riwayat chatting kita. Biasanya kalau sudah terlalu lama dengan jumlah member grup yang banyak, jumlah pesan bisa sampai ratusan atau bahkan lebih. Nah dengan ini kita bisa rutin menghapusnya. Tidak usah terlalu sering, kadang kita juga perlu membuka pesan yang telah dikirim beberapa hari lalu atau minggu lalu. Saya sih menyarankan minimal 2 bulan sekali sehingga pesan-pesan lama yang terkirim masih bisa kita buka/baca.

Tapi kalau dirasa tidak amat-amat penting, ya hapuslah seminggu sekali sehingga tidak memberatkan. Apalagi kalau kita bergabung dengan banyak grup.

tips hapus riwayat whasapp

Buka kembali pengaturan dengan mengklik titik tiga di kanan atas. Kemudian klik di bagian ‘Chatting’. Pilih riwayat chat, kemudian ‘hapus semua chat’, konfirmasi.

Nah dengan dua tips ini, hape kawan akan terasa tetap enteng dan nda heng-heng lagi 😉

Jadi jangan pernah keluar grup dengan alasan hape lambat, lemot, atau heng, bagaimanapun grup tempat kita bergabung sumber informasi, tempat berdiskusi, berbagi info, hoax, dll..hehehe..

Semoga bermanfaat dan berkah ya…

-mf-

Baca Juga;

Bagi Artikel Ini Ke:
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Comments

comments

mfajri.net sejak 2008