mfajri.net

Blog Urang Banua Barrau

Heboh Pasangan Belia SMP Menikah di Bantaeng

sejoli bantaeng

Sejoli yang masih belia di Bantaeng, Sulawesi Selatan menentukan dapat menikah walau usia mereka yang laki-laki masih 15 tahun 10 bulan dan perempuannya baru 14 tahun 9 bulan. Kedua pasangan ini pun sudah mendaftarkan rencana perkawinan mereka ke KUA Kecamatan Bantaeng dan mantap mengikuti Bimbingan Perkawinan pada hari Kamis 12 April 2018 lalu.

Penghulu Syarif Hidayat menyampaikan ini kali pertama mendapati berkas calon pengantin yang usianya masih sangat muda. dengan umurnya yang tidak masuk syarat ini, pihak KUA setempat awalnya menolak dengan menyampaikan blanko N9 (penolakan pencatatan). Tapi rupanya pasangan sejoli ini kekeh dengan niatnya. Pasangan ini menyampaikan permohonan dispensasi ke Pengadilan Agama Bantaeng dan kemudian dikabulkan.

Karenanya dispensasi ini, pihak KUA setempat akhirnya menyetujui permohonan pernikahan tersebut. Dari informasi yang disampaikan dari keduanya, pernikahan ini diniatkan dengan keinginan kuat membangun bahtera rumah tangga tanpa ada paksaan baik dari orang tua atau pihak manapun maupun adanya kecelakaan. Hanya satu alasan yang mungkin sedikit aneh dimana si wanitanya selalu takut tidur sendiri karena memang orang tuanya alias ibunya meninggal dunia setahun yang lalu sementara bapaknya jarang di rumah karena pekerjaan.

UU Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan pasal 6 ayat 1, mensyaratkan calon mempelai sebelum melangsungkan pernikahan harus atas atas persetujuan orang tua keduanya, demikian juga dengan calon yang usianya di bawah 21 tahun.

Semoga langgeng dan menghindarkan hal-hal yang tidak dinginkan.

yang jomblo jangan baper ya 😉

Baca Juga;

Bagi Artikel Ini Ke:
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Comments

comments

mfajri.net sejak 2008