mfajri.net

Blog Urang Banua Barrau

Selamat Hari Ibu 13 Mei 2018

hari ibu 2018

Di kalender hape saya di hari ini tanggal 13 Mei 2018 ternyata berwarna merah. Dilihat dari keterangannya bahwa hari ini adalah peringatan hari ibu. Seingat saya di Indonesia hari ibu itu diperingati di tanggal 22 Desember. Namun setelah bertanya ke Mbah Google, ternyata betul, sebagian negara memperingatinya di tanggal ini.

Saya kutip dari wikipedia, Hari Ibu merupakan hari perayaan dan penghormatan kepada apa yang telah dilakukan oleh para ibu di keluarganya, untuk bapak, anak, dan juga lingkungan sosialnya. Perayaan ini umumnya dilakukan dengan melayani dan mengistirahatkan ibu dari pekerjaannya sehari-hari di rumah yang biasa dilakukan sebagai kewajibannya, umpama menjaga anak, bekerja di dapur, dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Kalau di Indonesia diperingati setiap 22 Desember, namun di beberapa negara di Amerika dan lebih dari 75 negara lainnya, seperti Kanada, Australia, Singapura, Hongkong, Jerman, dan Italia merayakannya di Hari minggu, minggu kedua di Bulan Mei atau tahun ini tepatnya di Tanggal 13.

Kalau di Indonesia dirayakan di tanggal 22 Desember, yang awalnya dikukuhkan oleh Presiden Soekarno pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Dimana pada 22-25 Desember 1928 dilakukan kongres perempuan Indonesia untuk pertama kalinya di Yogyakarta, dan salah satu keputusannya untuk dibentuknya Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI).

Sementara di negara Barat, memperingatinya di Hari Minggu minggu kedua di Bulan Mei. Peringatan hari Ibu mereka ini berawal dari ungkapan berkabung dari perempuan atau ibu-ibu  yang ditinggal oleh suaminya di masa perang dunia. Adalah Anna Jarvis yang disepakati sebagai orang pertama yang menjadikan hari Ibu terkenal.

Perayaan Hari Ibu ini berawal dari tahun 1850-an, saat itu Ana Jarvis bersama dengan perkumpulannya Ann Reeves Jarvis menyelenggarakan acara Hari Ibu dengan membentuk klub kerja. Kelompok ini membawa misi agar dapat memperbaiki sanitasi serta mnekan angka kematian bayi dengan melawan penyakit dan menghindari pencemaran pada susu anak-anak.

Anna Jarvis berperan besar mempopulerkan Hari Ibu ini. Dia tidak mempuanyai anak, tapi meninggalnya ibunya di tahun 1905 menginspirasinya untuk mengatur peringatan Hari Ibu pertama di tahun 1908.

Mari momen-momen ini kita rayakan agar selalu berbakti dan melayani ibu kita selagi mereka hidup mengingat perjuangannya dalam membesarkan dan menjadikan kita seperti ini. Jadikanlah hari-hari ini perayaan untuk ibu kita. Semangat ibu 😉

Baca Juga;

Bagi Artikel Ini Ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments

mfajri.net sejak 2008