mfajri.net

Blog Urang Banua Barrau

Gelaran TTG Nasional 2019 Akan Diadakan Di Bengkulu

Provinsi Bengkulu untuk tahun 2019 ini telah ditetapkan menjadi tuan rumah gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2019. Dalam rangka memantapkan kesiapan pelaksanaan acara ini nantinya, telah dilakukan rapat Persiapan Awal Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI Tahun 2019 yang dilakukan di Swiss Belresidence, Jakarta, berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai hari Senin (18/3) kemarin.

gelaran ttg nasional xix 2017
Gelaran TTG Nasional XIX – 2017 di Sulawesi Tengah yang lalu.

Rapat ini dibuka oleh Kepala Sub Direkorat TTG mewakili Direktur Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna (PSDA & TTG), Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Disampaikan bahwa Gelar TTG Nasional XXI akan dilaksanakan pada bulan September 2019 di Provinsi Bengkulu. Rapat ini juga dihadiri oleh para Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi juga para Kepala Bidang yang menangani TTG pada DPMPD Provinsi seluruh Indonesia serta perwakilan Kementerian dan Kelembagaan Tingkat Pusat.

Sebelum adanya Kementerian Desa, pelaksanaan Gelar TTG Nasional ini dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Kemudian sejak 2015 sampai sekarang penanggungjawab Gelar TTG Nasional adalah Kemendes PDTT, yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Pada kesempatan rapat ini Direktur PSDA dan TTG, Ir. Leroy Samy Uguy, MA., Ph.D sebagai pembicara menjelaskan tentang Paparan Rencana Pelaksanaan Gelar TTG XXI Tahun 2019. Diminta kepada semua Provinsi untuk mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh mengambil bagian dalam Gelar TTG Nasional yang akan datang ini.

Gelar TTG Nasional ini merupakan sarana yang strategis untuk mempromosikan jenis-jenis teknologi tepat guna dari berbagai daerah. Gelaran ini juga dimaksudkan sebagai upaya penerapan TTG untuk pengembangan usaha-usaha mikro.

Kalimantan Timur sendiri telah pernah menjadi tuan rumah Gelar TTG Nasional ini yaitu pada Gelaran TTG Nasinal XVI Tahun 2014. Waktu itu penyelenggaraan kegiatan dipusatkan di Kompleks Stadion Madya Sempaja, Samarinda. Penyelengaraan cukup meriah dan sukses. Acara dibuka oleh mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. Budiono.

Besar harapan kami Kabupaten Berau dapat terlibat dalam gelaran ini untuk dapat menampilkan teknologi tepat guna yang ada dan telah memberikan manfaat untuk masyarakat.

Sumber: dpmpd.kaltimprov.go.id

RelatedPost

Bagi Artikel Ini Ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments

mfajri.net sejak 2008